Senin, 02 November 2009

Cara Praktis Mendapatkan Uang Dari Internet

Berikut ini 5 cara mudah dan telah teruji untuk dapat meraih uang/ penghasilan lewat internet:

1.Membangun Bisnis internet
2.Membuat Blog untuk usaha / bisnis
3.Mengikuti program periklanan
4.Mengikuti program “make money”
5.Mengikuti program survey online


1. Membangun Bisnis Internet


Bisnis internet adalah sebuah kegiatan bisnis atau usaha yang dijalankan dengan memanfaatkan internet , baik sebagai sarana utama, maupun sebagai sarana pendukung. Bisnis internet memiliki berbagai macam bentuk, diantaranya adalah : pasar online, toko online, bisnis reseller, bisnis e learning, bisnis MLM online, bisnis iklan dan promosi , bisnis layanan seputar internet dll.

Untuk membangun sebuah bisnis internet, ada 4 langkah pokok yang harus dilaksananakan, yaitu:

1.Menentukan suatu Produk
2.Membuat Situs atau website
3.Mempromosikan situs / website
4. Mengadakan kegiatan manajemen operasional bisnis

Menentukan suatu jenis produk :
Dalam bisnis internet dikenal 2 macam jenis produk yaitu produk barang berbentuk fisik maupun produk berbentuk “virtual” atau non fisik. Produk barang fisik adalah barang nyata yang berbentuk semisal elektronik, buku, kaset, cd, perkakas, perlengkapan, gadget, alat dsb. Sedangkan barang non fisik semisal: software, jasa layanan , produk jasa e commerce (membuat website, domain, hosting, chatting, email
dll), produk informasi / berita , e book dsb.

Sebuah produk dapat diperoleh dengan membuat /memproduksi sendiri atau menjual kan produk orang lain (reseller).

Membuat situs / website :
Setelah menentukan suatu jenis produk, maka langkah selanjutnya adalah membuat sebuah situs/ website yang bersifat interaktif yaitu mampu mengadakan interaksi antara pengunjung dengan pemilik situs .Memiliki beberapa komponan halaman web yang dapat menampung kalimat promoisi, foto-foto produk, isian formulir pemesanan, kontak via email maupun telp dll. Website harus dibuat semenarik mungkin terutama pada halaman depan “sales letter” yang mampu memikat serta menarik pengunjung agar mau membeli produk yang ditawarkan. Akan lebih bagus lagi, jika website mampu mengotomatisasi sistem pemesanan , pembayaran dan pengiriman produk (terutama produk non fisik atau digital)

Mempromosikan situs/ website :
Setelah memiliki sebuah situs/ website, langkah selanjutnya adalah melakukan kegiatan promosi secara terencana, terukur dan berkelanjutan secara terus menerus, baik lewat internet maupun media lain. Kegiatan ini untuk memperkenalkan keberadaan suatu web bisnis agar semakin dikenal luas masyarakat sehingga mampu meraih jumlah pengunjung dan pembeli secara tetap agar mampu menghasilkan omzet usaha. Jika suatu website telah memiliki jam terbang promosi yang tinggi, maka situs web bisnis dapat
menjadi “mesin uang” otomatis yang bekerja 24 jam nonstop, yang dapat diakses kapanpun dan dimana pun konsumen berada.

Mengadakan kegiatan manajemen operasional bisnis :
Kegiatan ini merupakan kegiatan manejemen atau pengaturan , pemantauan, pengawasan maupun kegiatan penelitian untuk menjaga, mengembangkan, dan mengendalikan bisnis internet agar mampu bersaing dalam kancah persaingan bisnis serta mampu untuk tetap selalu eksis di dunia maya. Dalam bisnis internet, diperlukan manajemen yang kreatif, inovatif, memiliki daya saing global serta mamiliki kemampuan untuk tetap eksis.


2. Membuat Blog untuk usaha / bisnis

Blog atau sering pula disebut sebagai web blog adalah suatu jenis halaman web yang tersedia untuk umum tentang jurnal perorangan (atau juga dapat sebagai “buku harian online” yang dapat diakses lewat internet). Umumnya, blog berisi tulisan atau artikel-artikel yang ditulis oleh pemiliknya serta dikirim secara rutin., Blog sering kali juga digunakan oleh para ahli, praktisi, ilmuwan professional, maupun tokoh poitik untuk menyampaikan gagasan, pemikiran maupun pengetahuan yang mereka bagikan secara bebas untuk khalayak umum.

Lewat media blog ini, kita juga dapat memanfaatkannya untuk keperluan bisnis atau kegiatan usaha. Beragam macam cara dapat dilakukan untuk mengolah blog untuk bisnis/usaha, diantaranya adalah sbb:

Membuat blog berita/ artikel umum:
Blog berita adalah sebuah blog yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi berita baik berupa informasi berita actual berbagai peristiwa maupun berita berupa artikel-artikel informasi yang dibutuhkan masyarakat,semisal berita hiburan, artikel-artikel unik, artikel olah raga, informasi tentang kuliner, info wisata dll.

Untuk blog semacam ini, umumnya sang pemilik berperan sebagai wartawan, editor, serta penyampai suatu berita dalam bentuk tulisan artikel.

Pemilik blog yang aktif semestinya selalu mengirimkan artikel- artikel yang menarik untuk dapat dibaca oleh khalayak sehingga mampu menarik minat mereka untuk selalu mengakses blog miliknya secara rutin, baik sebagai sarana penyampai informasi berita segar maupun sebagai hiburan di waktu luang.

2 Contoh blog berita populer di Indonesia diantaranya adalah: http://blog.liputan6.com dan http://beritaharianku.blogspot.com

Blog berita umumnya juga memiliki pembaca setia, sehingga tak jarang blog semacam ini memiliki tingkat pengunjung yang tinggi. Dengan begitu, dapat dimanfaatkan pula sebagai media pemasangan iklan dari sponsor sehingga sang pemilik blog dapat mendapatkan uang penghasilan. Banyak ide kreatif yang dapat dikembangkan dengan meningkatkan jumlah penghasilan dari blog ini, semisal dengan menarik biaya
keanggotan khusus, dimana mereka akan selalu mendapatkan info-info penting terbaru dari sang pemilik blog, atau juga dengan menjual berbagai produk miliknya maupun menjualkan produk milik orang lain dengan sistem bagi hasil komisi.

Membuat blog konsultasi online ataupun e learning ( kursus online) :
Bagi anda para professional , praktisi, atau ilmuwan, anda dapat pula membuat blog untuk membuka semacam konsultasi , seminar atau kursus secara online. Caranya adalah dengan membuat blog berisi artikel- artikel tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang yang anda tekuni serta melengkapi blog anda dengan fitur-fitur interaktif sehingga pembaca dapat berkomunikasi langsung dengan anda secara cepat. Anda dapat tawarkan kepada pembaca anda utnuk bergabung dalam semacam forum diskusi lewat mailing list yang anda bangun sendiri, sehingga blog anda akan banyak diminati orang karena mereka akan dengan mudah dapat ber konsultasi tanpa harus keluar rumah
dan lelah terjebak kemacetan di jalan. Dengan ramainya pengunjung anda pun dapat menawarkan perusahaan perusahaan yang relevan dengan bidang anda untuk bersedia memasang iklan di blog anda, selain itu, anda pun dapat memungut biaya fee konsultasi bagi para pengunjung yang meminta jasa pelayanan secara khusus.

Membuat blog toko online :
Anda dapat membuat blog yang berfunsi sebagai “toko online”. Anda perlu untuk
mencari dan mengumpulkan berbagai macam produk yang dapat dijual, baik produk yang
bisa anda buat sendiri, maupun meminta produk orang lain untuk dapat anda jual.
Buatlah atikel tentang produk-produk tersebut berikut gambar-gambar yang jelas untuk
anda tawarkan kepada pengunjung Anda. Sertakan nama, alamat dan no telpon serta
email Anda untuk kontak pemesanan.

Membuat blog iklan / promosi :
Yaitu membuat blog yang menyediakan ruang artikel-artikel untuk keperluan iklan dan promosi. Promosikan blog ikan anda kepada perusahaan-perusahaan khususnya perusahaan besar yang bersedia memasang iklan situs nya dib log iklan anda..

Contoh blog semacam ini adalah : http://www.blogjualbeli.com

Untuk dapat membuat blog anda sendiri, silakan buat blog anda secara GRATIS di situs http://www.blogger.com, Di situs ini anda dapat berbagai macam blog dengan tampilan dan fitur yasng menarik secara GRATIS ! Anda tak perlu membeli nama domain, hosting tiap bulan atau menyewa jasa web designer. Untuk dapat membuatnya anda perlu memiliki buku-buku berikut ini yang dapat anda beli di toko buku Gramedia terdekat:

- Buku “Membuat blog dengan blogspot”
- Buku “ Membuat blog dengan blogspot (lanjutan)”
- Buku” Most wanted blogging tips”

Kesemuanya ditulis oleh Bp. Ridwan Sandjaya

Silakan ikuti petunjuk-pertunjuk yang mudah didalamnya.. dan mulailah bisnis Blog anda sendiri…!


3. Mengikuti Program periklanan

Di internet, saat ini banyak sekali situs-situs dari seluruh dunia yang menawarkan program meraih uang melalui program periklanan. Prinsip kerja program periklanan ini yaitu membuat suatu situs/ website yang dirancang sedemikian rupa yang mampu mendistribusikan/ menyebarkan iklan ke sebanyak mungkin jaringan pemasang iklan.

Dengan demikian website mampu menawarkan ke sebanyak mungkin para pemilik situs agar bersedia menempelkan iklan yang terdaftar di situs program periklanan dengan imbalan komisi berupa uang. Umumnya para pemilik situs dari seluruh dunia sangat antusias dengan situs program periklanan ini..sehingga mereka bersedia mendaftarkan situs mereka secara gratis agar mereka memperoleh kesempatan menempelkan iklan situs program periklanan tersebut ke situs mereka dengan harapan mendapatkan imbalan.

Salah satu contoh program iklan terpopuler dan ter percaya dunia adalah: Google adsense (http://adsense.google.com)

Program periklanan milik GOOGLE.COM ini merupakan program periklanan yang paling banyak diminati oleh para pemilik situs di seluruh dunia, karena sifat pendaftarannya yang GRATIS , pembayaran yang terpercaya, serta karena reputasi kepopuleran Google yang mendunia.

Bagi Anda yang belum mengenal program ini, silakan anda coba amati. Jika setiap kali anda menjelajah berbagai macam situs dan diantarnya terdapat “tempelan” satu kotak berisi beberapa tulisan iklan baris dan dibawahnya terdapat tuisan; “Ads by Google”… Bila pernah, ituah yang disebut Google adsense.

Untuk lebih jelasnya, cobalah buka situs ini: http://www.geocities.com/indonesia_papermodel/mypage.html

Lalu lihatlah pada paling atas.. terdapat kotak iklan memanjang yang didalamnya terdapat beberapa iklan baris.. Nah.. itu menandakan bahwa situs ini telah mengikuti program Google Adsense.. Dan pemiliknya telah menempelkan kotak iklan nya ke situs, dimana iklan-iklan tersebut masih relevan / memiliki hubungan dalam bidang yang sama terhadap isi dari situs tersebut.

Dengan mengikuti program Google Adsense ini, maka setiap kali ada pengunjung yang mengunjungi situs diatas, dan meng”klik” salah satu atau semula iklan dalam kotak “ads by google”, maka pemilik situs akan memperoleh komisi sebesar US$ 0,05 per setiap “klik”nya. Komisi akan dibayarkan pihak Google ke pemilik situs, jika komisi telah terkumpul minimal US$100, dan akan dibayarkan via cek ke alamat pos pemilik situs.

Hebat bukan…?

Jika Anda memiliki website atau blog ber bahasa inggris, silakan ikuti dan daftarkan situs anda dalam program ini.. Pendaftarannya GRATIS ! (silakan klik di alamat ini: http://adsense.google.com )

Untuk program periklanan yang cukup popular di Indonesia , salah satunya adalah : Bisnis Iklan viral marketing (beralamat di http://www.bisnisiklan.com/?id=ganang)

Bisnis iklan viral marketing adalah sebuah bisnis iklan yang menjadikan sebuah situs dimana halaman web nya telah dirancang sedemikian rupa sbagai ruang iklan dengan posisi bertingkat. Situs bisnis iklan bertingkat ini merupakan sebuah produk informasi yang harus dipromosikan agar semua ruang ikan bertingkat terisi oleh para pemasang iklan. Mereka akan membayar lewat transfer bank kepada pemilik situs bisnis iklan yang telah terdaftar di induk pendiri situs bisnis iklan tersebut. Para pemasang iklan tersebut, setelah membayar, maka secara otomatis mendapatkan pula situs bisnis iklan replica yang selanjutnya harus dipromosikan terus agar ruang iklan bertingkatnya dapat terisi oleh pemasang iklan lainnya.. begitu seterusnya..

Jadi bisnis iklan viral marketing ini, merupakan bisnis penyebaran iklan dengan sistem mirip layaknya multi level marketing (MLM). Dengan demikian, iklan akan menjadi cepat menyebar luas di internet sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengusaha yang ingin mempromosikan website bisnis nya secara murah dan cepat.


4. Mengikuti Program “Make money”

Program yang sering dikenal dengan istilah “make money” di seluruh dunia ini pada prinsipnya merupakan sebuah situs bisnis yang dibuat sedemikian rupa untuk meraih sebanyak mungkin pengunjung guna menyebarkan iklan promosi yang terdapat didalamnya. Sang pemilik program ‘make money” ini menawarkan kepada siapa pun pengunjung situsnya dengan iming-iming komisi, bila mereka mau bergabung atau mengakses situs “make money” miliknya.

Beberapa contoh situs semacam ini di seluruh dunia diantaranya adalah sbb:

http://www.netflip.com
Situs ini menawarkan imbalan sebesar US $ 5,9 setiap kali anda mendaftar untuk membuat sebuah account email. Selain itu, Anda akan mendapatkan email-email tentang tips- tips yang mesti dilakukan untuk memperoleh lebih banyak uang lagi.

http://www.spedia.net
Situs ini menawarkan imbalan komisi antara US$ 0,3 – 0,5 per jam, jika Anda melakukan kegiatan “menjelajah situs” yang terdapat didalamnya. Selain itu, Anda masih akan mendapatkan imbalan komis lainnya jika Anda mampu merekomendasikan situs spedia.net ini ke banyak orang.

http://www.iwon.com
Situs ini menjanjikan banyak kepada Anda beberapa komisi sebesar ini:
US$ 10.000 dapat diperoleh setiap tahunnya
US$ 1.000 dapat didapat setiap akhir pekan
Asalkan Anda mengikuti semua program yang telah mereka tentukan.

http://www.cashsurfers.com
Cashsurfers.com memberikan uang sebesar US$ 0,01 per jam, jika Anda onine di situsnya. Semakin sering anda online, maka komisi Anda pun semakin bertambah. Selain itu, situs ini menerapkan sistem multi level pula untuk mempromosikan situs nya. Mereka menjanjikan komisi sampai US$ 23,7 untuk setiap downine yang diperoleh.

Dan.. masih banyak situs semacam ini di internet.. Anda dapat mencari nya di situs Google dengan mengetikkan kata kunci “make money”.


5. Mengikuti Program “Survey Online”

Di internet, banyak pula perusahaan-perusahaan besar dari berbagai negara memanfaatkan internet guna menjaring informasi - informasi penting perilaku konsumen terhadap sebuah produk, salah satu caranya dengan mengadakan program survey berhadiah.

Mereka membuat suatu situs, dimana situs tersebut merupakan sebuah program survey yang berisikan semacam pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui banyak hal diantaranya: produk apa yang paling banyak dicari konsumen, bagaimana penilaian konsumen terhadap sebuah produk, perilaku konsumen dalam kehidupan sehari-hari, Berapa harga ideal sebuah produk, Berapa harga produk pesaing, dan masih banyak lagi.

Informasi-informasi ini sangat mereka butuhkan guna mengembangkan sebuah produk yang benar-benar mampu memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga produk benar-benar mampu meraup keuntungan besar dan memperkecil resiko kerugian dalam pengembangan sebuah produk.

Untuk mendapatkan responden sebanyak mungkin, maka mereka menawarkan imbalan , baik berupa uang atau suatu sample produk milik mereka apabila pengunjung bersedia mengisi survey yang mereka tawarkan. Imbalan bervariasi, sehingga mampu menarik hati para pengguna internet, terutama yang memiliki imbalan komisi yang besar.

Beberapa contoh suryey online di seluruh dunia adalah sbb:
http://www.globaltestmarket.com
http://www.surveysavvy.com
http://www.decisionanalyst.org
http://www.offerquest.com
http://www.surveynetworks.com
http://www.yoursay.com/1799912

Anda dapat mencarinya sendiri di situs Google dengan mengetikkan kata kunci “ survey program” atau “online survey”

Dari tulisan diatas, telah cukup memberikan wawasaan kepada anda tentang beberapa cara yang mungkin dapat anda lakukan untuk memanfaatkan internet guna memperoleh penghasilan /uang.

Bagi Anda yang masih awam tentang dunia internet, tetapi memiliki hasrat yang besar untuk memulai usaha Anda , sebaiknya anda terlebih dahulu memilih program raih uang internet yang memiliki fasilitas bimbingan belajar bagi pemula di bisnis internet. Sebagai angkah awal, silakan anda mengikuti program Sistem Mesin Uang Otomatis (SMUO) yang beralamat di http://www.mesinuangku.com. Program ini merupakan sebuah paket bisnis menjual produk e book (Buku daam bentuk file computer/digital) yang
berisikan tentang tehnik dan cara membangun sebuah bisnis internet menjual produk ebook bagi pemula. Yang menarik,.. Bahwa jika anda bergabung didalamnya, maka anda secara otomatis memilki website replika guna memperoleh hak jual kembali produk ebook SMUO dengan imbalan komisi sebesar Rp100.000,-. per penjualan (Harga produk SMUO sekitar Rp 200.000,- saja). Selain itu, anda akan mendapatkan training-training GRATIS seputar bimbingan dalam menjalankan bisnis internet agar mampu memberikan hasil yang besar serta cara-cara menghasilkan uang lewat internet … Mulailah bisnis internet milik Anda sendiri dari saat ini !... karena peluang tak akan mungkin datang untuk kedua kalinya…!

2 komentar:

atqon mengatakan...

Thanks ya infonya...
berguna banget..


Berkunjung nih....

gery mengatakan...

Sama2....baru jg bljar nih

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Tukeran Link yu..

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Cicipilah..dan rasakan

Klik Ajah